Sudah Tahu? Perbedaan Warna RGB Dengan CMYK

Perbedaan Warna RGB Dengan CMYK

Perbedaan Warna RGB Dengan CMYK - Jika kalian terjun di dunia desain maka kalian akan tidak asing lagi dengan kata kata CMYK atau RGB, ya benar karna kata ini adalah salah satu dari macam warna yang ada, nah jika kita samakan warna kedua ini ya sama, tapi jika kita bedakan maka akan berbeda, jadi mari kita ulas satu persatu.

Perbedaan Warna RGB Dengan CMYK
Perbedaan Warna RGB Dengan CMYK 

Apa sih Warna RGB?

Kita ulas dari warna RGB dulu, Model warna satu ini adalah model hasil percampuran dari warna Merah , Hijau dan Biru. Kenapa bisa? karna jika kita campur tiga warna tadi entah itu semua langusung di campur atau satu persatu maka akan menghasilkan warna yang berbeda, Dan itu bisa di lihat dari Namanya R = Red, G= Green B= Blue. 
Perbedaan Warna RGB Dengan CMYK
Model Warna RGB


Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra / gambar dalam perangkat elektronik, seperti televisi dan komputer, walaupun juga telah digunakan dalam fotografi biasa. Sebelum era elektronik, model warna RGB telah memiliki landasan yang kuat berdasarkan pemahaman manusia terhadap teori trikromatik.
Wikipedia.org
Jika kita melihat dari ulasan Wikipedia ini bisa di bilang warna RGB ini adalah warna yang cocok untuk di gunakan dalam desain grafis yang menggunakan komputer.  Dan warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer. Warna dasar dari komputer sendiri adalah hitam. Untuk itu warna ini bisa memecahkan warna dasar hitam komputer agar cerah.
Warna dengan model ini memang cocok untuk visual Tapi jika untuk di cetak/ di print maka warna ini harus di convert di CMY. karna alat print hanya bisa membaca model warna CMYK. JIka kalian memaksa untuk tetap cetak dengan warna CMYK maka hasilnya warna akna sedikit redup.

CMYK Itu apa sih?

Perbedaan Warna RGB Dengan CMYK
Modeel Warna CMYK

Setelah kita bahas tentang RGB maka kita akan bahas tentang Model CMYK. jika di RGB ada tiga perpaduan maka di CMYK ada 4 perpeduan, C=Cyan, M=Magenta Y= Yellow K=Black. Model warna ini cocok dengan latar belakang putih yang seperti di kertas putih dan lainya, karna itulah warna model ini sangat cocok untuk di gunakan dalam waktu proses print.

Dalam model yang lain "additive color", seperti halnya RGB (Red-Merah, Green-Hijau, Blue-Biru), warna putih menjadi warna tambahan dari kombinasi warna-warna utama, sedangkan warna hitam dapat terjadi tanpa adanya suatu cahaya. Dalam model CMYK, berlaku sebaliknya: warna putih menjadi warna natural dari kertas atau warna latar, sedangkan warna hitam adalah warna kombinasi dari warna-warna utama. Untuk menghemat biaya untuk membeli tinta, dan untuk menghasilkan warna hitam yang lebih gelap, dibuatlah satu warna hitam khusus yang menggantikan warna kombinasi dari cyan, magenta dan kuning.
Wikipedia.org
Karna itulah model warna ini lebih cocok dalam prnting, karna dalam latar belakang berbeda jika di RGB putih menjadi salah satu warna utama, dan hitam (warna komputer) menjadi warna cocok untuk latar belakang.  Sedangkan Model CMYK hitam adalah salah satu warna Utama dari model ini dan putih (warna kertas) menjadi latar belakang yang cocok untuk warna ini.

Kesimpulan.
Model warna RGB memang cocok untuk visual yang pasti beradalam komputer, tapi jika kalian mau print maka lebih baik menggunakan Warna CMYK agar hasil lebih maksimal.
Dan mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan di ulasan Perbedaan Warna RGB Dengan CMYK semoga bermanfaat.

0 Response to "Sudah Tahu? Perbedaan Warna RGB Dengan CMYK"

Post a Comment

jika ingin bertanya dan berkomentar tentang artikel ini bisa anda tulis di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel