Cara Menggunakan Pen Tool di Photoshop yang Baik Dan Benar.

Pen Tool Photoshop adalah tool yang paling banyak di gunakan oleh para desainer atau editor, Karna hampir di setiap software desain atau editing foto pasti memiliki fitur ini. Untuk itu jika kalian masih belum bisa menyeleksi dengan menggunakan pen tool , Maka di bawah ini wonk desain akan memberikan sebuah ulasan dan penjelasan tentang menggunana pen tool yang pasti akan membantu kalian.
Fungsi utama Pen Tool di photoshop adalah untuk menyeleksi suatu objek. Tidak jauh beda dengan menggunakan keluarga lasso tool, Pen tool di sini bisa membuat sebuah garis kurva dengan bentuk yang demikin rupa. Lain halnya dengan keluarga lasso tool yang tidak bisa membuat sebuah garis curva. 
Jadi jika kalian menghilangkan sebuah object entah itu background atau sebuah foto yang lain, maka hasil pen tool lebih rapi nan apik.
Hasil dari pen tool tentunya tidak kalah halus dengan hasil dari keluarga lasso tool, malah bisa lebih halus dari tool lainya.

Cara menggunakan Pen Tool di PhotoShop.

System kerja pen tool adalah Dalam setiap garis pasti di hubungkan dengan anchor point yang setiap anchor point memiliki handle yang befungsi untuk mengatur tingkat kelengkungan sebuah garis yang bisa kalian atur menggunakan mouse. 
pen tool photoshop
Untuk ke gunaan dan fungsi pen tool sendiri sangat lah banyak, seperti menghilangkan background, membuat shape dan masih banyak lagi.
Di pen tool ini memiliki banyak opsi jika di atas ada tiga:

#1.Shape.

pen tool photoshop

Nah di pen tool yang opsi shape juga memiliki opsi juga di antaranya:
1.Mode Pen tool shape (ada yang path, yang akan saya jelaskan di bawah ini).
2.warna shape
3.warna stroke atau garis
4.ukuran garis
5.model garis
6.W : untuk ukuran lebar shape
7. H : untuk ukuran tinggi shape
8. otomatis untuk menambah dan mengurangi achor point.
9. Pengaturan Aligh
10.penambahan layer
11.pengaturan Aligh (rata kiri, rata kanan dan seterusnya)
12.Posisi shape di atas atau di bawah.

#2. Path.

pen tool photoshop

1.Pick Tool Mode Path.
2.3.4.Make (Selection, Mask, Shape), untuk membuat Seleksi, Layer Mask, dan Shape. Digunakan setelah selesai membuat Path
5.Path Operations, Pengaturan pada saat membuat Path (menggabungkan 2 path, memotong, dan lainnya)
6.Path Alignment, mengatur alignment pada path
7.Path arrangement, mengatur arrangement dari path
8.Pen Options, Opsi lanjutan pada Pen Tool
9.Auto Add/Delete, jika dicentang maka otomatis akan membuat maupun menghapus path.

#3. Pixel

Tidak jauh beda dengan yang path jadi kalian coba sendiri yak. Karna jika kalian tidak mencoba maka tidak akan paham ok.
Untuk lebih detailnya mari kita praktet ke sebuah objek baru. Di bawah ini ada sebuah gambar tomat yang saya akan seleksi, untuk di buat kelinci percobaan agar kalian mengerti bagaimana menggunakan Pen tool.

Cara menghilangkan Background menggunakan Pen Tool.

Pertama masukkan gambar ke photoshop. Setelah itu pilih Pen tool untuk sebagai alat seleksi.
Klik yang pertama untuk membuat achor pertama dan klik yang nomer dua untuk membuat achor yang kedua, maka di antara anchor tersebut akan terbentuk sebuah garis lurus.

pen tool photoshop

Tapi untuk bisa menyeleksi tomat maka kita harus memerlukan garis lengkung atau curva, gimana terus?
Untuk bisa mebuat curva atau lengkung kalian harus menahan dan tarik untuk memuculkan handle dalam klik yang nomer dua, berfungsi untuk mengatur tingkat kelengkungan (curva) sebuah garis.

pen tool photoshop

Untuk menyeleksi tomat maka kalian lakukan ter menerus dengan menekan dan tarik (handle) untuk mengatur tingkat  kelengkungan. Lakukan dengan teliti dan sabar.

Penting..!!
Untuk menghilangkan sebuah handle, agar garis lurus kembali seperti sedia kala. Pertama klik dan tahan ALT terus klik pada achor mana yang mau di hilangkan handlenya. Dan terus lanjut klik. Dan lihat hasilnya.

pen tool photoshop

Terus lah seleksi sampai pada achor yang pertama, biasanya pen tool aka nada tanda seperti lingkaran di bawahnya jika menemukan achor yang pertama. 
Jika achor sudah bertemu maka akan menghasilkan garis. Seperti gambar di bawah ini:

pen tool photoshop

Maaf untuk gambar tidak terlalu terang. Sekarang klik kanan pada bagian tengah gambar dan piliih yang make selection, akan ada tab baru dan klik ok, maka garis yang tadi menjadi garis putus putus.
Jika kalian ingin menghapus background maka kalian pergi ke menu select dan pilih inverse, maka hasil seleksi tadi akan berubah menjadi kebalik, maka tekan delete dah.

Memberi warna sebuah object.

Nah jika kalian ingin mewarnai object maka pen tool juga bisa di gunakan, dengan mengkolaburasikan dengan brush.
Untuk caranya tidak jauh beda.
  • Pertama seleksi object yang mau di beri warna. Dan terus klik kanan dan pilih make selection, hingga keluar garis putus putus.
  • terus klik brush dan pilih warna.
  • Warnai dah, simple kan.

Jika kalian perna menggunakna polygonal lasso tool untuk mewarnai maka kalian sudah sedikit tahu tentang pen tool.

Kesimpulan.
Banyak sekali kegunaan dalam pen tool tersendiri, dan jika kalian mengetahui kegunaan polygonal lasso tool maka pen tool memiliki kesamaan yang besar, tapi yang terpenting bagaimana cara kalian menggunakan pen tool untuk meyeleksi sebuah object, kerapian dan ke uletan dalam setiap detailnya. 
Mungkin cuma demikian tentang ulasan Pen tool pada photoshop,jika ada kesalahan kata mohon di maafkan jika ada yang perlu di tanyakan bisa di tanyak di kolom komenter yang sudah saya sediakan di bawah ini.

0 Response to "Cara Menggunakan Pen Tool di Photoshop yang Baik Dan Benar."

Post a Comment

jika ingin bertanya dan berkkomentar tentang artikel ini bisa anda tulis di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel